3 Fungsi Utama Label yang Tidak dapat Dipisahkan

label karetAnda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ‘Label’ bukan? Kata ‘Label’ ini sering terdengar ketika Anda berhubungan dengan suatu produk. Hal ini berkaitan dengan fungsi label yang sudah menjadi satu kesatuan dengan produk itu sendiri, karena berisi informasi baik itu berbentuk gambar atau kata-kata yang telah didesain untuk menyebarkan informasi kepada pada khalayak sebagai konsumen produsen tersebut.

Dengan menggunakan label, maka orang-orang atau konsumen akan menjadi ‘ngeh’ atau lumrah dengan produk tersebut. Tapi fungsinya tidak hanya itu, banyak sekali fungsi yang bisa dilakukan oleh label, berikut ini 3 fungsi label produk yang perlu Anda ketahui.

  1. Prestige

Sebuah label bisa menjadi prestige dari produk yang dipasarkan. Ketika produsen membuat sebuah produk untuk dipasarkan, maka mereka biasanya membuat label yang akan mencerminkan produk tersebut dan membuat konsumen tertarik dengan produk tersebut. Ketika label sudah semakin terkenal maka prestige atau gengsi, bisa dikatakan juga sebagai eksistensi dari produk tersebut berhasil dibangun dan memiliki kelasnya tersendiri di konsumen.

Ada label yang akan membuat prestige produk berada di level menengah ke atas, ada pula yang malah membuat prestige produk tersebut ada di kalangan menengah ke bawah. Ini tergantung image yang akan perusahaan tentukan pada produk. Tapi dari semuanya, penting untuk dijaga karena akan meningkatkan penjualan baik dari kalangan menengah ke bawah ataupun menengah atas.

  1. Branding

Branding ini masih berhubungan dengan prestige karena branding yang akan menghasilkan prestige dari sebuah produk. Melalui label, sebuah produk akan dikenal oleh masyarakat dan mereka akan menjadi tertarik untuk mencoba produk tersebut. Sesuai dengan pengertian branding sebagai bentuk pengenalan sebuah produk, maka label pun memiliki fungsi yang sama dengan hal tersebust.

Label dan branding merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, ketika Anda sebagai konsumen akan membeli suatu produk pasti akan menjadi brand yang memiliki kesan baik dan kwalitas yang bagus, dan hal brand tersebut salah satunya bermula dari label yang dibuat. Semuanya antara label, branding dan prestige ini tidak bisa Anda lupakan ketika membaut sebuah produk.

  1. Sumber Informasi

Setelah prestige dan branding, fungsi utama yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah label adalah sumber informasinya. Label bisa menjadi sumber informasi bagi konsumen dari produk yang dijual. Informasi ini bisa mencakup beberapa hal yang berhubungan dengan produk tersebut dan menjadi melekat pada konsumen, sehingga dapat menjadi produk yang mereka gunakan dengan setia. Bentuk informasi ini bisa berupa informasi mengenai outletnya, seperti tempat, kesan yang akan konsumen dapat ketika mendengar atau melihat label tersebut, kemudian informasi bahan produk yang digunakan, cara memelihara produk seperti cara mencuci dan menyetrikanya, yang terakhir adalah ukuran produk yang akan bisa ditaksir oleh para konsumen.

Hotline WhatsApp 24 Jam